Jadilah engkau..
Orang yang...
Kehadirannya diharapkan,
Suaranya didengar,
Kebaikannya ditiru, dan
Gagasannya dilanjutkan...

Kanzii Adzi,

Think Fresh, Do The Best

Rabu, 22 Desember 2010

GAJI PERTAMAKU

Seseorang yang telah memiliki pekerjaan, pastinya akan mendapatkan timbal balik berupa gaji, laba, upah, atau timbal balik lainnya yang berupa pelayanan, jasa, dan sebagainya. Timbal balik yang didapatkan bergantung pada jenis pekerjaan dan jabatan yang ia tempati pada pekerjaannya itu. jika pemilik perusahaan, maka ia akan mendapatkan laba usahanya dari perusahaannya itu. Bagi yang bekerja sebagai karyawan tetap suatu perusahaan, tentunya akan mendapatkan gaji dari pemiliki perusahaan dimana ia bekerja. Seberapa besar timbal balik dari pekerjaan mereka itu? Semuanya bergantung pada seberapa besar kinerja dan produktivitas mereka di tempat dimana mereka bekerja. Begitulah, bagi mereka yang bekerja, pasti memperoleh timbal balik yang sesuai dengan pekerjaan mereka itu.

Malam hari, tanggal 17 Desember 2010 adalah malam yang menyenangkan bagi saya. Bagaimana tidak? Lama tidak membagi-bagikan ilmu kepada sesama mahasiswa atau siswa sekolah menengah, tiba-tiba hadiah datang lewat sebuah pesan singkat di hand phone. Ternyata, dari seorang kawan lama, yang dulu pernah sama-sama berkontribusi dalam wadah organisasi yang sama. Sungguh di luar dugaan…!!! Saya mendapat tawaran untuk mengisi AMT (Achievement Motivation Training) untuk mahasiswa Pendidikan Biologi dan Biologi ilmu murni FMIPA UNY. Tawaran untuk menggantikan peran beliau, yang tidak bisa menjadi pembicara dikarenakan ada agenda lain yang waktunya bersamaan. Momentum takkan pernah datang dua kali. So, saya pun menerima tawaran itu dengan perasaaan bahagia dan bangga.

Sabtu, pukul 19.40 wib saya dan partner pribadi saya sebagai pengisi renungan motivasi tiba di Wisma Atmojo, daerah pantai Parangtritis, tempat dimana AMT HIMABIO dilaksanakan. Setalah melaksanakan sholat isya dan menunggu peserta AMT selesai makan malam, kami berdua memulai pertunjukkan dengan check sound dan menyiapkan peralatan seperti laptop, LCD, doorprize, dan yang lainnya. Kami pun beranjak memulai berbagi materi motivasi berprestasi dengan para peserta dan beberapa panitia.

Pukul 22.40 wib selesailah acara AMT yang kami berikan. Kita tutup acara dengan menyanyikan lagu “kepompong” sebagai bukti bahwa kami berdua, peserta, dan panitia AMT memulai untuk menjadi teman. Mengapa menyanyi? Saya pilih itu karena hamper semua peserta dan beberapa panitia AMT terharu dan meneteskan air mata,setelah mengikuti materi renungan motivasi. Sehingga, kami berdua merasa perlu untuk membangkitkan semangat kita semua dengan bernyanyi bersama, sambil berpegangan tangan, dan dilanjutkan saling berjabat tangan dan berpelukkan.

Selesai acara, moderator membacakan acara berikutnya yaitu pemberian kenang-kenangan kepada kami. Karena saya merapikan alat-alat yang tadi kami gunakan, maka partner saya yang menerima kenang-kenangan itu. Sebuah stop map batik itulah kenang-kenangan yang kami berdua terima. Dikarenakan sudah terlalu malam, kami memutuskan segera pulang tanpa melihat dulu apa isi stop map itu. Kami berdua pulang meski kondisi sedang hujan, karena Minggu pagi kami juga ada agenda di daerah Kulon Progo.

Sampai di kost-an, dalam kondisi badan setengah basah dan kepala agak pusing saya memnutuskan untuk segera tidur. Akan tetapi, saya penasaran akan apa isi stop map yang kami terima tadi. Ternyata, isinya dua buah amplop putih kecil, dan ternyata pula dalam amplop itu berisi lembaran uang lima puluh ribuan. Subhanalloh, seratus ribu rupiah. Itulah gaji pertama saya dan kami berdua. Sungguh di luar dugaan saya, saya akan menerima gaji sebesar itu. saya hanya bisa bersyukur, semoga uang ini berkah dan kami berdua bisa mendapatkan yang serupa atau bahkan lebih banyak lagi di lain kesempatan.

Sebenarnya, ini bukanlah gaji pertamaku. Sebelumnya saya juga pernah mengisi acara yang sama dibeberapa sekolah. Hanya saja saya hanya melaksanakan itu sebagai hobi saya, bukanlah pekerjaan saya. Jika ada yang memberi saya terima, tidak pun tidak masalah bagi saya. Dulu pernah mengisi di suatu sekolah, dan Alhamdulillah diberi kenang-kenangan berupa buku. Pernah juga mengisi waktu KKN-PPL dan waktu jadi pengurus Himpunan Mahasiswa. Akan tetapi, inilah kali pertama saya mendapatkan uang. Inilah GAJI PERTAMAKU…!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar