Jadilah engkau..
Orang yang...
Kehadirannya diharapkan,
Suaranya didengar,
Kebaikannya ditiru, dan
Gagasannya dilanjutkan...

Kanzii Adzi,

Think Fresh, Do The Best

Minggu, 24 Juli 2011

Tips Ringan Cegah Emosi


Ada beberapa tips yang mungkin berguna untuk dapat mengendalikan rasa amarah dan emosi kita, jika kita lakukan salah satunya…:



1. Atur posisi badan kita;
Jika saat emosi kita berdiri…maka ubah posisi menjadi duduk, tenangkan diri dan ambil nafas dalam sembari beristighfar…karena tanpa istighfar emosi kita semakin meledak-ledak ada setan yang ikut memberikan semangatnya pada emosi kita.

2. Segera ambil air wudhu;
Karena pada intinya tujuan berwudlu mensucikan diri lahir dan batin maka dengan berwudlu, pikiran kita menjadi tenang dan rileks, karena air wudhu bisa memadamkan api amarah dihati dan pikiran kita…Insha’Allah,

3. Membaca Al-Quran dan perbanyak zikir;
Hati kita selalu dapat terkontrol dan tenang, karena yakin Allah akan selalu melindungi setiap langkah hidup kita dengan petunjuk-NYA.

4. Berpuasa;
Ada banyak hikmah dan manfaat dari berpuasa baik yang sunah atau wajib dan salah satunya mengendalikan nafsu amarah kita. Puasa yang khusuk dan ikhlas dapat melatih kesabaran kita dalam segala hal.

5. Memaafkan;
Memaafkan suatu kesalahan diri sendiri atau orang lain sangat bermanfaat untuk ketenangan batin kita sendiri. Memang memaafkan kadangkala dirasa sangat sulit, tetapi jika kita berlatih untuk selalu lapang dada menerima kelebihan dan kekurangan dari diri kita dan orang lain, maka segalanya akan terasa ringan dan menjadi kebiasaan positif dari hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar