PENGARUH GAYA BELAJAR, POLA ASUH ORANG TUA, DAN
LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP
PRESTASI BELAJAR DASAR-DASAR AKUNTANSI
SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI
SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2010/2011
Oleh:
PRAYOGO SETIAWAN
07403241019
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2011, (2) pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2011, (3) pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2011, (4) pengaruh Gaya Belajar, Pola Asuh Orang Tua, dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2011.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena seluruh siswa dijadikan sebagai subjek penelitian, yaitu sebanyak 69 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket/kuesioner dan metode dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis korelasi product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan koefisien Cronbach Alpha. Analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara sendiri-sendiri terhadap variabel terikat, sedangkan untuk mengetahui pengaruh ketiga variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat digunakan analisis regresi ganda. Sebelum analisis data, dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi dengan r = 0,619, r2 = 0,384, t hitung sebesar 6,457 dengan p = 0,000 < 0,05 dan t tabel pada taraf signifikansi 5% pada db = 67 sebesar 2,000, SE sebesar 36,45% dan SR sebesar 16,73%, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi dengan r = 0,581, r2 = 0,338, t hitung sebesar 5,847 dengan p = 0,000 < 0,05 dan t tabel pada taraf signifikansi 5% pada db = 67 sebesar 2,000, SE sebesar 41,98% dan SR sebesar 19,27%, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi dengan r = 0,447, r2 = 0,227, t hitung sebesar 4,437 dengan p = 0,000 < 0,05 dan t tabel pada taraf signifikansi 5% pada db = 67 sebesar 2,000, SE sebesar 21,57% dan SR sebesar 9,90%, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Gaya Belajar, Pola Asuh Orang Tua, dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Dasar-dasar Akuntansi dengan R = 0,695, R2 = 0,459, Fhitung sebesar 20,259 dan p = 0,000 < 0,05, Ftabel (3/65) pada taraf signifikansi 5% adalah 2,75 dan Sumbangan Relatifnya sebesar 45,90%.
butuh skripsi akuntansi yang lain lihat di http://1skripsi-akuntansi.blogspot.com/2011/07/daftar-skripsi-akuntansi.html
BalasHapus