Jadilah engkau..
Orang yang...
Kehadirannya diharapkan,
Suaranya didengar,
Kebaikannya ditiru, dan
Gagasannya dilanjutkan...

Kanzii Adzi,

Think Fresh, Do The Best

Jumat, 04 Januari 2013

Resolusi Mini Tahun 2013


                                                        Mimpi-mimpi kamu,
                                                        Cita – cita kamu ,
                                                        Keyakinan kamu,
                                                        Apa yang kamu kejar,
                                                        Biarkan ia mengambang,
                                                        menggantung 5 cm di depan kening kamu,
                                                        Jadi, takkan pernah lepas dari mata kamu.
                -5 cm-


 Welcome . . .
Selamat datang taun 2013. . .

New Year, new style’. Itu gue bangetttttttt . . . Udah aku lakuin. Potong rambut Mohawk dengan 3 garis pada rambut bagian sebelah kanan (atas telinga). Plus babat habis jenggot yang udah mulai memanjang. Tapi, tampaknya lebih banyak yang sepakat kalo, ‘New year, new hope, new spirit ’. Iya nggak? So pasti lah. Taun baru, harapan baru, plus semangat baru. Yang baru-baru itu, apapun asal positif, juga harus jadi lebih baik ya. Biar gak jadi orang yang rugi. Tapi orang beruntung. Kan, orang beruntung itu, hari ini lebih baik dari kemarin, dan esok wajib lebih baik dari hari ini. Kalo ukurannya taun? Ya jelas. Taun ini harus lebih baik dari taun kemarin, dan taun depan harus lebih baik dari taun ini.

Eh. Ngomongin taun baru, semua orang susah lepas dari kata yang satu ini. Apa itu? Resolusi. Ya, begitulah. Setiap awal taun (taun baru), setiap orang pasti punya mimpi dan harapan-harapan baru. Semua mimpi ini ditulis, dirangkum jadi satu dalam Resolusi. Lo juga kan? Hayo, apa resolusi lo taun ini? Dah buat belum? Mumpung masih fresh, masih awal taun. Buruan gih tulis. Kalo belum dituliskan. Kalo udah, share aja ke temen-temen lo, biar dido’akan. Makin di share, makin banyak yang tau, kan makin banyak do’a. Insya Allah, makin cepet terkabul do’a itu, Aamiiiiin . . .

‘Udah buat resolusi?’, ‘Apa resolusi lo taun ini?’  Pertanyaan ini sering kali ditanyakan orang lain pada kita. Tak terkecuali aku. Memang kenapa? Gak papa sih, wajar-wajar aja. Aku juga selalu punya mimpi dan harapan baru kok. Jadi, mudah saja ku jawab. Udah buat resolusi? Jawabku, ‘Udah’. Apa resolusi lo taun ini? Ku jawab, ‘Sabar ya . . . Baca ini dulu. Bentar lagi juga masuk resolusi milikku taun ini, hehehehehe.’ Mau tau atau mau tau banget? Iya deh, ini nih resolusiku taun ini, “Resolusi Mini taun 2013”. Jangan lupa do’akan ya. Biar makin cepat terwujud. Aamiiiiin . . . Aamiiiiin . . . Aamiiiiin . . . ^_^

Resolusi Mini-ku di taun 2013
U Be a professional teacher
Jadi guru yang propesional. Eh, profesional maksudnya. Tentunya, yang diakui secara legal dong. Ada bukti autentiknya gitu. Gak hanya sebatas omdo –omongan doang-. Alhamdulillah. Sepertinya bisa cepet terwujud. Kok bisa? Iya. Soalnya, aku dapat beasiswa PPG –Pendidikan Profesi Guru- dari pemerintah –Dikti-. Ini karna aku ikut Program SM-3T (Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). Insya Allah mulai Maret 2013 aku mulai kuliah lagi. Hufttttt . . . Tapi tetep semangat kok. Kan kalo udah lulus PPG, aku resmi jadi guru profesional. Aayeeeeeeeeee. Plus, diakui secara legal kok, tenang aja. Langsung dari pemerintah. Smoga bener-bener bisa jadi guru yang profesional, Aamiiiiin . . .

U Keliling ‘pulau’ Indonesia
Yaaaaah. Traveling lagi, traveling lagi deh. Maap ya, dah jadi hobi aku sih. Mbolang memang satu dari sederet kegemaranku. Namun, yang ini tantangannya gede, plus bakal menguras kantong. Keliling ‘pulau’ Indonesia. Tapi, yang aku maksud sih, mentamatkan jalan-jalanku keliling pulau-pulau di Indonesia. 3 pulau lagi yang belum; Kalimantan, Nusa Tenggara, dan Papua. Yang lain Alhamdulillah udah. Pulau Jawa mah memang tanah kelahiranku, otomatis udah kan. Sumatera juga udah. Taun 2012 ini malah. Bali, Sulawesi, dan Maluku juga udah. Kalo 3 pulau ini, dah 3 taun yang lalu, taun 2010. Tinggal 3 pulau tadi yang belum. Moga di taun 2013 ini, mimpiku bakal terwujud deh. Biar tamat traveling-ku. Keliling ‘pulau’ Indonesia. Eh, tapi ingat. Skalanya baru pulau, belum provinsi. Kalo provinsi mah masih banyak yang belum. Tapi, mudah-mudahan, ke depan juga bisa mentamatkan keliling Indonesia dengan skala provinsi. Aamiiiiin . . .

U Lulus CPNS (atau dapat beasiswa S-2)
Calon Pegawai Negeri Sipil. Ini keinginan orang tuaku, khususnya ibuku. Beliau sangat ingin aku jadi pegawai negeri. Dan . . . 2 pilihan ini bikin galau yang cethar membahana. Aku sebenarnya ingin lanjut dulu ke S-2. Tapi, tak disetujui ibu dan keluarga aku. Mereka lebih ingin kalo aku PNS dulu. Baru kalo mau lanjut S-2 silahkan. Yang penting PNS dulu. Hemm, belum aku putuskan sih. Coz belum ada info CPNS juga taun 2013 ini. Aku coba pake ilmu skala prioritas. Peluangku lulus kalo ada CPNS taun ini gede, coz dah dapet sertifikat PPG. Plus diutamakan oleh pemerintah. Kalo ada, aku pilih ikut CPNS dulu. Baru ngejar S-2. Sebaliknya, kalo belum ada CPNS, aku cari beasiswa S-2. Tapi tetep, sambil PPG aku update terus info CPNS dan beasiswa S-2. Yang lebih pasti dan yang lebih menjanjikan masa depan yang aku ambil duluan. So. Do’akan ya. Pertama, moga ke-galau-an ku cepat teratasi (belum coba sholat istikharah sih, mau coba yang ini dulu ah). Yang kedua, moga mimpi ini bisa terwujud. Kalo bisa dua-duanya sekaligus, Aamiiiiin. Kalo gak bisa, ya satu dulu aja deh. Terserah yang mana aja boleh. Insya Allah dua-duanya oke. Dan menjanjikan masa depan yang baik kok. Sama-sama kuat, 50% : 50%. (Eh, jangan ambil pilihan ask to audiens atau phone a friends ya. Itu kan kalo ikut kuis Who wants to be a millionaire, hihihihihi. . .^_^)

U Patungan ‘Joint Venture’ usaha
Menjadi wirausaha itu satu cita-citaku. Namun, untuk taun ini, sepertinya aku belum bisa berwirausaha sendiri. Mungkin karna masih ada ikatan PPG kali. Atau, aku-nya juga yang belum siap. Bisa jadi. So. Pilihan untuk patungan atau joint venture tampaknya lebih tepat, untuk skala taun ini. Aku bisa menanam modal pada usaha temen-temenku. Coz, lumayan banyak yang mulai atau udah berwirausaha. Tinggal kesepakatan aja, gimana deal-nya dengan temenku ini. Yang paling menjanjikan dan sesuai hobiku, ya usaha jualan kaos/baju (jersey) klub sepakbola, baik lokal, maupun internasional. Plus usaha perlengkapan dan alat-alat olahraga, khususon futsal dan sepak bola. Dua olahraga ini favorit dan hobi olahraga-ku. Jadi, aku tak mau jauh-jauh dari itu. Okey degh. Tinggal cari temen, negosiasi, dan setorisasi modal deh, hehehehehe. Sekali lagi, mohon do’anya ya. Kalo taun ini sukses dan lancar, kan taun depan tinggal buka cabang aja. Ini yang gue mau,hehehe . . .

U Mendaki minimal 5 gunung di pulau Jawa
Ini challenge baru buat aku. Mendaki gunung. Sebenarnya waktu SMA udah tertarik dengan hobi yang agak ekstrim ini. Namun, Juni 2012 lalu lah batu loncatan, kunci utama pembuka keran-keran berikutnya. Waktu menjalani tugas Program SM-3T di Aceh, setaun yang lalu, pertama kalilah aku muncak. Gunung Kemiri, di Kecamatan Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues korban pertama-ku. Gunung setinggi 3300 m/dpl ini akhirnya terdaki dengan waktu tiga setengah hari. Total 5 hari untuk naik turun gunung, 20 – 24 Juni 2012. Mantap kan? Dari situlah, ketertarikanku makin membahana. Tapi cethar-cetharnya tetap dipake Syahrini aja ya, hihihihihi . . . Maka, demi menyalurkan hobi baruku ini, aku targetkan, minimal 5 gunung di pulau Jawa taun ini ku daki. Beberapa gunung yang ingin ku daki: Gunung Slamet, Gunung Lawu, Gunung Gedhe, Gunung Sindoro-Sumbing, Gunung Merapi-Merbabu, Gunung Papandayan, dan yang sedang hangat tentu Gunung Semeru (inget film 5 cm, hehehe). Oh ya. jangan lupa, taun ini juga, peralatan mendaki-ku harus lengkap, serba ada pokoknya deh. Tapi bukanToserba –toko serba ada- ya. Lagi – lagi deh. Do’a sahabat semua aku tunggu. Agar hobi baruku ini terlaksana dengan sukses dan lancar. Aamiiiiin lagi deh . . .

U Berat badan ideal
Ini yang terakhir deh. Gemuk, tapi gak gemuk-gemuk amat sih. Itu aku. Ya. Aku memang agak gemuk, tak ideal lah berat badanku. Sebenarnya, waktu ramadhan lalu, beratku udah ideal. Tapi, pasca lebaran, makin nambah aja neh berat badan, makin gemuk euy…!!! Aku inginnya, taun ini berat badanku ideal, proporsional lah dengan tinggi badanku. Ada jalan sebenernya, yaitu waktu PPG. Dan udah aku rancang, aku persiapkan untuk itu. Dua olahraga yang mau aku lakuin untuk menurunkan berat badanku ini. Alternatif utama jelas yang murah meriah. Lari setiap pagi dan sore hari. Tapi, takut terkendala jadwal PPG yang belum jelas ampe skarang. Aku cari alternatif lain, yaitu bersepeda ria. Tapi, aku belum punya sepedanya. Nah, itu juga jadi mimpiku. Punya sepeda, yang biasa-biasa aja lah. Yang penting bisa jadi temen berolahraga. Jadi, mimpi yang satu ini dua doa’nya ya sahabat. Do’akan agar punya sepeda, dan do’akan aku agar berat badanku ideal kembali. Tak kurus-kurus banget, juga gak kegemukan. Ideal deh pokoknya. Aamiiiiin . . . yaa Rabbal’alamin . . .

Waduh. Banyak juga ya resolusi mini-ku taun 2013 ini. Gag papa deh. Mimpi kan gak dilarang, gratis… tis… tis… tis… Yang paling penting, ikhtiyar kita, agar mimpi yang kita punya bisa terwujud. Plus. Jangan lupa berdo’a dan minta do’a dari orang tua, keluarga, sahabat, kenalan, teman, dan siapapun. Cara mudahnya, bagikan mimpi itu ke orang lain. Insya Allah pasti bakal dido’akan degh… Aamiiiiin.

Sahabat,
itu dia resolusi mini-ku taun 2013 ini. Do’akan ya. Semua mimpi-mimpi aku ini bakalan terwujud. Aku do’akan juga deh, mimpi-mimpi sahabat semua bakal terwujud taun ini, Aamiiiiin. Saling mendo’akan ya, sahabat…!!!

Okey, udah dulu ya. Ampe ketemu di cerita berikutnya. Ceritera kesuksesan akan raihan-raihan mimpi-mimpi yang udah kita rangkum dalam resolusi taun 2013. Semangattttttttt…!!! Cemunguuuuuuuuuuuddhhh…!!! ^_^

10 komentar:

  1. Wuhu, seru sekali resolusinya brow. Moga tercapai semua deh ya, dan jangan cuma semangat di awal tahun aja terusan kelupaan deh... :D
    Btw, ikutan SM3T ya? Cewek gue pengen banget tuh ikutan tapi nggak bisa gegara gak dapet izin ortu... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiiiin...iya, mogha semangatnya tetap terjaga ta mazz..


      iya mazz, ikut angkatan I mazz, dah pulang ke jawa lagi,hehehehe...

      orang mana mazz? biar tak bujuk ortunya,hihihihi...

      Hapus
  2. Aamiin Ya Robbal Alamin,,
    Semoga terwujud

    Salam kenal Dari Batam ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiiiin...


      Salam kenal dari Cilacap-Jogja-Aceh-Tangerang-Bandung ya...^_^

      Hapus
  3. wah, ini bukan lagi resolusi mini.. tapi very Big! semoga tercapai kawan. aamiin.

    BalasHapus
  4. Aamiiiiin...

    Hehehehehehe...klo setaun cuman ini, maah sy katakan mini lah..klo very big-nya masih banyak mimpi-mimpi yg lian...

    BalasHapus
  5. hai...salam kenal..mas nya ikutan sm-3t juga ya??? saya baca resolusi taun barunya. hehe... cita2nya sama, pengen dapetin beasiswa s2. saya juga sm-3t lptk UNY lho. aku dah join ke blog masnya.join balik blog aku ya soalnya kita kan samaan hehehe.
    http://inarakhmawati.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hei..hei..
      salam kenal juga...iya, ikutan sm3t angkatan I..Aamiiiiin, smogha cita2 kita yg sama bisa terwujud bersama ya...

      oww...anak sm3t jugha..angkatan brapa? klo dr uny jg, salam kenal balik yaah...

      okey..meluncur dah...

      Hapus
  6. halooo salam kenal brotha!
    www.arckiss46.blogspot.com
    www.s1mfor.blogspot.com :)

    BalasHapus
  7. salam kenal jugha Arckiss Chandra... ^_^

    BalasHapus